Breaking News
Loading...
Thursday, April 9, 2015

DATABASE, TABEL DAN RELASI PADA MICROSOFT ACCESS

11:07 PM


Sharing lagi nih materi pertemuan 3 Aplikasi BasisData, Semoga bermanfaat yah kawan.. Semangat!! J

1.      Microsoft Access
Microsoft Access merupakan program pengolah database yang sangat populer karena kemudahannya dalam mengolah data dan sebuah program aplikasi basis data dengan model relasional. Dengan Ms. Access, kita dapat mengolah berbagai jenis data serta membuat hasil akhir berupa laporan dengan tampilan yang lebih menarik.

2.      Elemen dalam Ms. Access
1.      Command Tab : kumpulan dari group yang berbentuk tabulasi dan secara otomatis menyesuaikan dokumen aktif.
2.      Contextual Command Tab : tab yang tampil secara otomatis berdasarkan dokumen atau objek yang sedang dikerjakan.
3.      Tombol Dialog : suatu tombol yang terletak disebelah kanan bawah suatu group dan jika diklik akan menampilkan kotak dialog.
4.      Nama File (Title Bar) : Beriai teks Microsoft Excel atau nama workbook yang aktif.
5.      Minimize Button : berfungsi untuk mengubah bentuk window aktif menjadi sebuah ikon atau meminimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
6.      Maximize Button : berfungsi untuk memaksimalkan ukuran jendela lembar kerja Microsoft Excel.
7.      Restore Button : berfungsi untuk mengembalikan besar layar pada kondisi terakhir yang sudah ada sebelumnya.
8.      Tombol Office (Office Button) : Pengganti menu file yang dapat Anda jumpa pada Microsoft Excel versi sebelumnya. Office Button berisi perintah – perintah standar untuk mengoperasikan file dokumen, seperti membuka, menyimpan, menutup, mecetak dokumen, dan sebagainya.
9.      Ribbon : area jendela di atas jendela program yang berguna untuk memilih tombol perintah.
Ribbon terdiri dari Standard Tabs dan Contextual Tabs :
Ø  Standard Tabs : terdiri dari Tab Home, Tab Insert, Tab Page Layout, Tab References, Tab Mailing, Review dan View.
Ø  Contextual Tabs : terdiri dari Header & Footer Tools, Tab Design, Text Box Tools, dan Tab Format.
10.  Barisan Tab (Tabs) : bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian group yang memuat beberapa tombol perintah untuk mengoperasikan Microsoft Excel.
11.  Group : Suatu tombol yangn berisi sederetan tombol – tombol perintah yang berfungsi untuk menjalankan suatu proses tertentu dengan cara mengklik tombol – tombol perintah tersebut. Group terletak di bawah tab.
12.  Nama Sel (Nama Box) : Kotak yang berisi referensi sel yang sedang aktif.
13.  Formula Bar (Baris Rumus) : Baris yang memuat isi sel yang sedang aktif.
14.  Pointer (Active Cell) : Sel merupakan suatu bagian terkecil dari workbook yang dapat berisi dengan data (bisa berupa angka, teks atau formula/ rumus). Sel yang aktif mempunyai border yang lebih tebal dari sel – sel yang lain. Sekumpulan sel yang bersebelahan disebut Range.
15.  Insert Worksheet : berfungsi untuk menambah atau menyisipkan worksheet (lembar kerja) baru.
16.   Sheet : Sederetan tombol perintah yang berfungsi untuk pindah antarsheet yang aktif.
17.  Tabulation Sheet : Lembar kerja utama dari Microsoft Excel yang berfungsi untuk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sebagai sumber data pembentuk tabel atau laporan.
18.  Zoom Level : Berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan dokumen dalam lembar kerja.
19.  Tombol Pengatur Tampilan Worksheet : Tombol – tombol perintah ini beerfungsi untuk mengatur tampilan dokumen dalam lembar kerja.
20.  Tombol Dialog (Dialog Box Launchers) : Tombol dengan simbol anak panah yang terletak di bagian kanan nama group. Tombol ini berfungsi untuk membuka kotak dialog dengan perintah – perintah yang lebih lengkap dan kompleks.
21.  Baris Penggulung Mendatar (Horizontal Scroll Bar) : Berfungsi untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
22.   Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar) : Berfungsi untuk menggeser layak ke bawah atau ke atas.   
23.   Close : berfungsi untuk menutup dokumen atau keluar dari Microsoft Excel.

3.       Objek dalam Ms. Access
Dalam Ms. Access terdapat beberapa objek yang dapat digunakan untukmengolah data. Objek-obejk tersebut antara lain:
1.      Tabel : merupakan tempat untuk menyimpan data yang telah diolah dan mempunyai suatu tema tertentu. Terdiri dari field dan record yang keduanya ditempatkan pada bagian kolom dan baris.
2.      Query : merupakan objek database yang digunakan untuk menampilkan, menyunting dan menganalisa data. Selain itu query juga dapat digunakan untuk menginput data berupa rumus.
3.      Form : merupakan objek database yang digunakan utnuk proses input, menyunting data dan menambah kontrol-kontrol.
4.       Report : merupakan hasil akhir dari pengolahan data yang dapat ditampilkan dalam layar maupun dalam bentuk cetakan dengan diformat sesuai dengan kebutuhan dan juga dapat dimodifikasi.
5.       Macro : merupakan rangkaian perintah dengan menggunakan bahasa pemogramman Ms. Access yang dapat disimpan dan dijalankan secara otomatis.
6.      Module : kumpulan program yang ditulis dengan menggunakan bahasa macro Ms. Access.
4.      Apa itu Database ?
Database atau basis data berasal dari kata basis dan data, dari kedua kata tersebut memiliki pengertian sebagai berikut :
Base/ Basis : dapat diartikan sebagai markas atau gudang tempat bersarang dan berkumpul.
Data : representasi fakta dunia yang mewakili suatu obyek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, perstiwa, hewan,  konsep, keadaan, yang direkam dalam bentuk angka, huruf, symbol, teks, bunyi atau kombinasinya.
Dari kedua pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa Database adalah kumpulan dari beberapa field yang saling berelasi (berhubungan), serta untuk menampung beberapa objek tabel, query, form, Report, dan lainnya yang akan disimpan di suatu media elektronik.

5.      Membuat Database

Langkah untuk membuat database pada Ms. Access 2010 sebagai berikut:
1.      Jalankan program Ms. Access 2010
2.      Klik pilihan Blank Database atau klik tab File,New dan pilih Blank Database
3.      Pada bagian File Name ketik nama file database yaitu db_penjualan.accdb
4.      Tentukan lokasi penyimpanan dengan menekan tombol Browse.
5.      Klik OK pada kotak dialog File New Database.
6.      Selanjutnya Ms. Access akan menampilkan jendela database dan jendela tabel.

6.      Membuat Tabel

Setelah membuat database, kita  harus membuat tabel-tabel yang digunakan. Pada saat membuat database, secara otomatis akan terbuka jendela tabel. Tetapi cara yang paling mudah untuk membuat sebuah tabel adalah melalui jendela design tabel. Langkah untuk membuat tabel adalah sebagai berikut:
1.      Pilih Tab Create grup Tables, kemudian klik icon Table Design , sehingga akan tampil jendela design table
2.      Ketik nama field pada Field Name, tentukan tipe data pada Data Type dan beri keterangan pada bagian Description.
3.      Aktif pada field Kd_Plg, kemudian klik tombol Primary Key untuk menjadikan field tersebut menjadi sebuah primary dalam sebuah tabel. Primary Key adalah field yang digunakan sebagai kunci pengurutan dengan data unik atau tidak boleh sama.
4.      Klik tombol Save pada Quick Access Toolbar untuk menyimpan tabel. Lalu ketikkan nama tabel pada Table Name dan beri nama tb_pelanggan
5.      Kemudian untuk mengisi tabel, klik Icon View , lalu isilah sebanyak 5 record untuk tabel pelanggan.

3.5. Merelasikan Tabel
Setelah mempersiapkan database beserta tabel-tabel yang dibutuhkan dalam aplikasi, langkah selanjutnya adalah membuat relasi (hubungan) antara tabel-tabel tersebut.
Langkah untuk membuat relasi antar tabel sebagai berikut :
1.      Pada jendela database aktif, klik tombol Relationship pada tab Database Tools group Relationship. Sehingga akan ditampilkan jendela Relationship.
2.      Pilih nama-nama tabel yang akan direlasikan, kemudian klik tombol Add untuk memasukkan tabel-tabel kedalam jendela Relationship. Klik tombol Close untuk menutup kotak dialog Show Table.
3.      Selanjutnya buat link antara tabel-tabel tersebut berdasarkan field kunci relasi pada masing-masing tabel. Sebagai contoh, antara Kd_Plg (Tabel Pelanggan) dengan Kd_Plg (Tabel Transaksi) dapat direlasikan dengan cara field kunci Kd_Plg (Tabel Pelanggan) di drag ke Kd_Plg (Tabel Transaksi). Kemudian akan tampil secara otomatis kotak dialog Edit Relationship. Ceklist ketiga CheckBox lalu klik Create.

Keterangan :
a.       Enforece Referential Integrity merupakan suatu konsep database yang memastikan bahwa hubungan antar tabel tetap konsisten dan menjamin validasi hubungan antara record-record, dimana kita tidak dapat menambah record ke table yang berisi Foreign Key kecuali ada hubungan dengan tabel utama sesuai dengan tabel yang terhubung, baik itu update maupun delete. Merelasikan Tabel
b.      Cascade Update Related Fields adalah setiap perubahan pada Primary Key di tabel utama, maka secara otomatis mengubah nilai pada record-record yang berhubungan/berelasi dengan tabel utama.
c.        Cascade Delete Related Record adalah setiap penghapusan pada Primary Key di tabel utama, maka secara otomatis mengubah menghapus nilai-nilai recordrecord yang berhubungan/berelasi dengan tabel utama.
d.      Selanjutnya dengan cara yang sama buatlah relasi untuk tabel-tabel yang lainnya,























0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer